Programming PLC Yang Tidak Efektif

S7-300, S7-400, Simatic Step7 Add comments

Contoh program PLC yang akan dibahas kali ini saya temui di perusahaan saya sebelumnya
Posisi saya saat itu adalah PLC Engineer (maintenance dan project), sehingga sering ketemu dengan program-program PLC S7 yang saat itu System Integratornya yaitu salah satu SI terbesar di Indonesia mungkin juga di dunia. Tapi setelah dilihat-lihat program blocknya, banyak sekali pengulangan – pengulangan script program yang tidak perlu.

Contoh yang akan saya bahas yaitu untuk Function Motor :

Nah si programmer buat suatu function Motor DOL (Direct OnLine), dan dipanggil dari function lain :



Dari sana bisa kita lihat, bahwa Function Motor DOL tersebut digunakan untuk mendefinisikan 3 Motor yaitu

Lubrication Pump All Gearing (P 013.1)
Lubrication Pump Godet Left (P 013.2)
Lubrication Pump Godet Right (P 013.3)

Bagaimana jika motornya ada 1000 ?? si programmer tersebut harus menginitialisasikan function untuk masing-masing motor sebanyak 1000 kali…..hufff :( kalo rajin sich gak apa apa :) . Nah, disini saya coba membuat suatu program untuk mengatasi masalah perulangan seperti itu.

1. Tipe Data Motor DOL

Tujuannya untuk lebih mudah mengelompokkan object motor sehingga program kita juga jadi lebih terstruktur.

2. Data Block Motor DOL

3 buah Motor diatas kita kelompokkan dalam satu Data Block khusus Motor DOL.

3. Function Untuk Semua Motor DOL

Yup, inti dari bahasan ini yaitu di cara pemanggilan program untuk masing-masing motor, disini saya kasi contoh disatu function berbeda :

Dalam program ini saya menggunakan temporary variabel (cnt dan offs), dimana cnt berfungsi sebagai counter hitungan scan ke berapa yang sedang dilakukan, sedangkan offs sebagai offset untuk instruksi selanjutnya, yaitu menggunakan function Copy DB yang telah saya bahas di postingan sebelumnya.

Intinya dari program network 1 sampai ke network 3 adalah mengopy semua data object dari tiap-tiap motor (sesuai counter) ke dummy/indirect object dalam hal ini yaitu zMDOL. Kemudian pada network 4, saya memanggil function Motor DOL dan object yang melekat didalamnya adalah dummy/indirect object (zMDOL).

Network 5 yaitu membalikkan nilai object zMDOL yang telah diproses di function motor DOL ke objectnya masing – masing sesuai dengan posisi counter. Kemudian di network 6 yaitu pengkondisian nilai dari counter, terus darimana nilai 3 ??? karna untuk kasus ini object motornya adalah 3, jika object yang di scan belum sama dengan 3 maka akan terus di loop ke label “loop” (network 2) sebelum pindah ke scan program selanjutnya. Yup, selesai dech !! semoga dengan program ini akan lebih membuat program kita menjadi lebih sederhana dan hanya membutuhkan work memory yang lebih kecil dibanding sebelumnya.

165 Responses to “Programming PLC Yang Tidak Efektif”

  1. Layudhi Says:

    SI Terbesar..sepertinya kenal… SI***** yaa hahaha
    ————-
    btw, program seperti diatas kasusnya sama dengan program Standarisasi Tank di salah satu Pabrik susu Terbesar Di Indonesia. Setiap Objek baik itu Valve ataupun motor akan dipanggil sebanyak objek itu sendiri….

  2. umar Says:

    Mas, saya punya paket modul PLC omron CJ1M-CPU12 (cpu), CJ1W-DA08V (modul analog output) sam CJ1W-ID211 (modul analog input). Tapi saya belum tau cara mengakses port-port analog outputnya. Bagaimana caranya ( bagaimana ladder diagramnya) supaya saya bisa mengeluarkan tegangan analog 1-10 volt terkontrol PLC. mohon diberi referensi ato sumber referensinya.
    terimakasih banyak

  3. fathoni Says:

    mas, aku gak pernah pake CJ1W-DA08V (modul analog output) sam CJ1W-ID211 (modul analog input), saya biasanya pake modul 2AI dan 1AO (8 bit) saya lupa tapi no serinya, cuma kayaknya gak beda jauh

    1. konfigurasi modulnya dulu (kalo di omron konfigurasinya masi via script), contoh MOV #FF00 12 (modul akan membaca tegangan 0-10 Volt, nilai 12 bergantung posisi modul analog tersebut)
    2. untuk analog input : move data dari channel analog input kemudian discaling sesuai data yang akan kamu baca, biasanya di PLC PLC besar kayak CJ1M udah ada fungsi scalingnya, kalo gak ya bikin sendiri hehehe
    3. untuk analog output : kebalikan dari analog input, di UnScaling dulu nilainya baru dipindahin ke channel analog outputnya

    gitu secara generalnya mas…

  4. fathoni Says:

    oya tambahan lagi mas, kalo saya dulu baca di manula book, biasanya klo kita beli modul itu, dikasi manual booknya, nah bisa diliat disitu cara wiring maupun cara konfigurasi buat analog modul, selamat mencoba :)

  5. Adi Sucipto Says:

    Mas, Mas punya contoh pemograman PLC serta listingnya ga’??? yang ada diperusahaan plus gambarnya gthu…
    Adi punya tugas kuliah, dah dicari-cari ga’ ketemu..
    Thanks ya…

  6. fathoni Says:

    hah….contoh pemrograman PLC apa dulu nie?
    AB, Omron, Siemens ??
    trus studi kasusnya apa?

  7. si blajar PLC Says:

    cara termudah untuk mendapatkan logika PLC bagaimana??saya sudah berlatih dengan PLC omron,LG master K.GLOFA dan Mitshubishi.tapi untuk membuat suatu deskripsi saja sulit,langkah2 apa saja untuk melatih logika ladder kita??mohon di jwb.THX

  8. fathoni Says:

    mmmm…setiap orang beda2 c mas caranya, klo aku dulu caranya belajar dari studi kasus “Traffic Light”, soalnya tuh kasus simple tapi komplit, ada fungsi timernya, step, dan counter, untuk ngembangin pola pikir kita. so intinya banyak banyak latihan aja, bisa khan karna terbiasa. Trus saya dulu pertama kali belajarnya pake software Ladsim (Ladder Simulasi) disitu kita bisa bikin program laddernya beserta simulasinya untuk menunjukkan hasil program kita, ada 7 soal dari soal termudah sampe yang paling kompleks.

    Trus untuk membuat suatu sistem otomasi yang sederhana klo saya biasanya langkah2nya kayak gini :

    1. bikin IO listnya
    2. buat flow chart prosesnya tergantung sistemnya sequencial (step) apa interlocking
    3. bikin program PLC dr flow chart tersebut
    4. optional : SCADA/HMI

  9. idhar Says:

    mhon penjelasan mengenai point 2 dan 3 dong.
    terkadang saya suka kebingungan untuk membuat program PLC yang optimal. Bisa tlong dijelaskan ga mengenai trik2nya?

  10. prawiranto Says:

    Mas, saya sedang menyusun skripsi (jurusan TI), sedang membuat simulasi sistem kontrol boiler berbasis scada/HMI dengan citectSCADA v.6.1 yang (disimulasikan terhubung dengan Omron C200H melalui RS232), namun saya kesulitan dengan referensi (buku, artikel, jurnal ilmiah) barangkali mas bisa memberikan solusi. Dan satu lagi, untuk skripsi saya tersebut, saya kesulitan dengan cicode-nya, mas punya tutorial atau sample cicode gak…
    maaf terlalu banyak permintaan, terimakasih sebelumnya.

  11. Fathoni Says:

    salam kenal mas

    jurusan TI (Teknik Industri) ??

    1. klo CitectScada aku gak pernah oprek oprek mas
    tapi aku punya temen yg experience Citect

    2. klo manual omron tuh biasanya dapet saat kita beli alatnya, dibuku manual itu lengkap sekali

    3. trus untuk sintax2 laddernya bisa dipelajari di manual CX Programmer ==> Help – Instruction Reference – C Series

    4. cicode apaan? C Code maksudnya? untuk di Citect?

  12. prawiranto Says:

    salam kenal juga..

    bukan..(TI = Teknik Informatika konsentrasi Software Engineering). Untuk skripsi saya tsb memang lebih menekankan kpd pembuatan aplikasi/program sistem kontrol (coding) yg berupa simulasi ketimbang kontroller-nya karena pertimbangan biaya yg harus dikeluarkan utk pembelian PLC dan peripheralnya…gitu dech (dana pas2an) dibanding jika harus membuat sistem kontrol yg sebenarnya (jadi hanya membuat simulasinya saja, seperti sistem kontrol yg sedang ‘operation real time’ gitu)

    1. kalau boleh tahu, dimana saya bisa hubungi (atau teman mas punya web/blog –> addressnya please) atau forum yg membahasnya.

    2. untuk manual Omron (softcopy-nya sudah ada, namun referensi (buku, jurnal, artikel) ttg kontroller, SCADA, PLC, sebagai dasar teori penulisan masih kurang.

    3. Thx.

    4. Cicode (mungkin singkatan citect code) semacam vb-nya citectScada. Sebenarnya dari menu Help di program Citect juga ada tapi saya agak kesulitan memahami. Saya jg dah lihat2 di toekang scada, tapi gak ketemu clue-nya. Saya jg dah googling, tapi blm ketemu jg nich..

    thx b4.

    eof

  13. Fathoni Says:

    mmm….senior saya itu lagi sibuk banget mas, saya udah bilang ke dia, tapi kayaknya no responding, hehehehe :)
    sorie banget !!!

    ya pelajarin aja dari helpnya mas, semuanya dari sana kok..

  14. adven Says:

    mas saya minta tolong donk..?
    ada program plc untuk lift 4 lantai..?
    software yang digunakan cx-programmer ..?

  15. Fathoni Says:

    prosesnya gimana dulu mas?
    ada deskripsi prosesnya gak?
    klo ada mah gampang aja… :)

  16. Muliadi Says:

    Bro Adven
    Plc type apa?
    Sensor berapa & taruh dimana?
    Lift Orang atau Barang?
    Ascesories Lift apa aja?

  17. rha-k Says:

    replying comment #1: Pabrik susu Terbesar Di Indonesia, kek-na sy tau deh dmn lokasinya ;)
    replying comment #14: PLC untuk lift 4 lantai, cx-programmer. Sy bisa bantu, kalo pak Tonai sibuk, anda bisa hubungi sy melalui e-mail atau YM! :)
    btw, Tonai web-nya rame euy, sy s7: belajar adalah total dan selamanya!

  18. Daniel Says:

    Bos, ada source code / script untuk komunikasi (serial RS 232) PLC dengan VB. Net? Btw thanks sebelumnya.Need Reply ASAP.
    Response : daniel_pneumatic@yahoo.com

  19. Fathoni Says:

    heheheh waduh…..klo .Net saya buta mas
    tuh PLC apa dulu mas, biasanya tiap PLC meski sama sama pake rs232 format datanya beda, or mas coba tanya ama temen saya toekang scada, linknya ada tuh di sebelah kanan

  20. toekang Says:

    Yup apa dulu merk PLC-nya, baru kemudian nyari protokol2
    apa yang dipake itu PLC. Syukur-syukur dia bisa support protokol yg udah standard ..misal modbus ..lebih beruntung
    lagi klo bisa nemu OPC servernya … jadi koneksi lintas
    aplikasi lebih mudah.

  21. Daniel Says:

    Om Fathoni tks sebelumnya, PLC yang biasa saya pakai Omron, tapi kalau mau pakai PLC apapun ga ada masasalah koq, yang penting sekarang ada code nya dl utk interface PLC to .Net nya. Sekarang jujur aja saya kesulitan untuk membuat interface PLC ke VB.Net.Sy browse lewat IE cari source code nya tp smp skg ga ketemu,btw ada pertanyaan dr sy:
    1. Apa mas thoni pernah tau kalau dengan SDK bisa dipakai
    sebagai protokol PLC to VB.Net?apa pnh coba sebelum
    nya?kalau punya bisa di share SDK nya ke saya..:D
    2. Kalau ga punya source code .Net , pakai source code VB
    6 biasa juga gpp kalau ada.Nanti saya migrate ke dlm
    .Net

    Boleh minta contact person nya?mungkin bisa di emailkan ke sy contact person mas Thoni lewat email saya..

    Thanks a lot..waiting for good reply:D

    Regards,

  22. e.one Says:

    Sorri mas motong jawaban dari mas Toni,
    menurut saya sih sebelum ke PLC (object) dan bagaimana menghubunginya … sebaiknya asumsikan dulu bahwa jalur komunikasi itu begini … Aplication – Protocol Com. – PLC.
    Jarang sekali ada PLC yg ngasih address map or bagaimana menghubungi dia secara langsung … lebih gampang lewat protokol standard …
    Contoh gini kalau PLC itu bisa support Modbus protokol yang mas Daniel harus kejar adalah .NET -> Modbus, cari di Internet pasti ketemu banyak …
    Bahkan kalo semisal mas pake Siemens S7, dari dokumentasi Simatic NET via OPC aja sudah lengkap berikut contoh codding pake VB dan C#

  23. e.one Says:

    tapi kalau PLC-nya OMRON kayaknya banyak juga yang bisa konek langsung … mas Toni ini TA-nya pake OmronDDE
    atau coba link ini, mungkin akan ada sedikit gambaran :
    http://widyanahar.blogspot.com/2008/01/httpwww.html

  24. Fathoni Says:

    wah lama di site jarang buka inet neh hehehe
    yup bener skali mas danial apa yang dibilang mas e.one
    intinya ada dua cara :
    1. tembak port langsung (seperti contoh yang di blogspot link yang dikasih mas e.one)
    nie dulu banyak banget di kampus saya yang ambil TA kayak gini, cuma ya itu, kadang klo datanya udah banyak sering gak stabil, dan hang hang ndiri
    2. pake protokol DDE atau OPC, nah tuh kalo omron tuh biasanya udah disediain namanya CX Server (DDE manager) atau klo OPC ada namanya CX-OPC Server
    klo gak salah bayar sich cuma yah gak terlalu mahal dan biasanya paket di installer CX Programmer

  25. Niken Says:

    mas thoni saya lagi skripsi nih mas..saya jurusan teknik industri..disini saya membuat sistem otomasi proses drilling gitu dengan PLC..pada skripsi saya ini mungkin saya hanya sebatas sampai simulasi saja tidak sampai implementasi..saya mau nanya nih mas aktuator yang saya gunakan silinder yang menggerakan mata bor..kira-kira mas software apa y yang bisa saya gunakan buat melakukan simulasi sistemnya yang mudah dan bisa didownload ..untuk sistem PLC nya saya pake festo..makasih ya mas..saya mohon bantuannya..

  26. Fathoni Says:

    mbak….

    tuh simulasinya mau konek online ke plc apa cuma bener2 simulasi aja, klo bener2 simulasi pake 3d max atau flash

    cuma klo mau simulasi online, yah pake software scada, misalnya intouch, wincc, citect, dsb

    saya saranin pake intouch, banyak yang tau dan mudah scriptingnya serta gak bebanin di PC…

    teknik industri mana mbak?

  27. Niken Says:

    ga konek ke plc mas..jadi cuma simulasi aja…masalahny mas simulasi itu ada verifikasi dan validasi jadi membandingkan apakah sistem yg saya buat itu sudah valid atau blm, saya bingung pake software apa..yang kira-kira bisa ada waktunya..kalo 3dmax atau flash kan dia cuma visualisasi saja..saya pernah denger tentang software trysim V3.0 itu apa ya mas?kira-kira mas tau tentang software itu g?kalo simulasi online itu maksudnya gmn mas?saya teknik industri trisakti mas..

  28. Niken Says:

    mas saya baru baja jurnal yang saya baca scada bisa untuk model tampilan sistem ya..ada parameter yg mngkomunikasikan antara PLC dan scada dimana nilai dari proses PLC dapat dilihat di software intouch ..nah lader diagramnya dibikin pada GMWIN..saya bingun mas GMWin itu sama dengan intouch atau apa..saya benar2x buta karna emg ga pernah bljr ini..dan sistem plc yg akan saya buat dengan ladder diagram dgn software festo..itu bgmn ya mas..apakah bisa festo dihubungkan atau gmn gt..sya bnr2x tdk mengerti makasih mas

  29. Fathoni Says:

    gini mbak, saya juga dulu kuliah pake plc festo dan plc omron, dan hminya pake intouch, nah untuk konek online ke intouch butuh ioserver tambahan, klo gak salah festo udah nyediain namanya IPC Data Server

    jadi intinya gini :
    - bikin ladder programmingnya dulu di software plc festo klo gak salah saya dulu pake FST4
    - nah ambil data tersebut ke intouch, misalnya timer yang dibuat di ladder plc tuh ditampilin di intouch dengan bantuan IOserver punyanya festo, dulu di lab saya (STTTelkom) ada, or mbak bisa tanya ke orang festonya

    klo boleh tau mbak pake festo PLC tipe apa dan software laddernya apa dulu?

  30. Abe Says:

    Salam kenal Mas,
    ak baru aja upload program Omron ( .cxp file) dr CQM1.
    ternyata file itu corrupted n sudah dicoba beberapa kali hasilnya sama aja.

    kira2 bisa kasih sedikit info knp hal itu bisa terjadi ga?atau pernah recover file .cxp ga?

    thanx infonya,Mas.

    -abe-

  31. Fathoni Says:

    Lam kenal juga mas

    wah aku udah lama gak utak atik omron mas
    tapi dulu pengalaman aku gak pernah ngalamin corrupted file gitu saat upload :)

    jadi maaf mas, saya gak bisa bantu hehehe
    or mungkin temen2 yang laen ada yg mau bantu mas abe??

  32. teguh auladi Says:

    mas. tolong kasih tau bagaimana cara mendownload tutorial dari PLC tapi gratis

  33. Fathoni Says:

    PLC apa dulu :)

  34. Yohan Says:

    saat ini saya sedang skripsi ttg akuisisi data antara Sensor water level (input) dan Heater (output) – PLC – VB.
    bagaimana cara ketika sensor mencapai suhu tertentu maka akan berlogika “1″ (input) dan ketika heater aktif berlogika “1″ (output)maka akan ada alamat yang tertampil pada VB.jadi alamat tersebut akan terbaca pada VB.mohon bantuan
    thanx…

  35. Fathoni Says:

    saya jelaskan secara general saja yah : logika sensor water level dengan logika satu ketika mencapai suhu tertentu yaitu buat logika tersebut di PLC dengan instruksi comparing (hampir semua PLC memiliki instruksi tersebut), nah nilai hasil comparing tersebut bertipe data diskrit (boolean), nah nilai itu yang diambil oleh VB, kemudian untuk komunikasi ke VB berbagai macam cara tergantung jenis PLC dan protokol yang digunakan, ada yang dengan cara tembak langsung dari port komunikasi, atau dengan cara lain yang lebih mudah dengan menggunakan komunikasi OPC/DDE, biasanya tiap tiap PLC udah nyediain OPCServer atau DDEServer

  36. Brata Says:

    salam kenal mas ,baru gabung ni
    saya sangat ingin mengenal lebih dalm tentang PLC khususnya siemens ,skarang saya udah mw TA,…
    tapi takut angkat mengenai PLC ,karna ilmu saya masih kurang bngat ,gimana mas ya
    mas bisa tidak minta contah Leadder ,gambar ,dan caa2nya buat plc siemens pada suatu pabrik.
    untuk bahan Plajaran mas.tank’s ya mas

  37. dedy Says:

    salam kenal mas ,baru gabung ni
    saya sangat ingin mengenal cara koneksi plc cj1m dengan vb via rs-232.
    makasih ya mas.

  38. wedi Says:

    salam kenal mas, baru gabung nih (mengikuti yg lain :D )
    saya pernah bekerja dengan PLC merk mitsubishi, schneider, allen-bradley, siemens (baru aj), namun hanya sebatas pemrograman saja. Oleh karena itu, sy ingin meningkatkan lg pengetahuan sy dgn mempelajari networking pada PLC!ada situs2 atw bahan2 yg bagus u/ pemula tdk mas?mas jg bantuin yaks ^_^

  39. Fathoni Says:

    @dedy : ada di manual book saat kita beli PLC tersebut mas, untuk komunikasi datanya bisa tembak port langsung (banyak referensinya), atau via dde nie lebih mudah, saat kita install CX-Programmer biasanya dapet DDEManager, nah pake itu…

    @wedi : salam kenal juga mas, cari2 di inet aja mas, trus pembelajaran yang paling yahud itu di project

  40. Hamdan Mashar Says:

    Mas achmad fatoni

    Salam kenal ya

    http://www.plcshop.co.id
    —————–

  41. agung Says:

    Asslm.

    Mohon maaf mas mau bertanya tetang PLC. Saat ini saya dipusingkan dengan diagram padder pembuatan program PLC untuk lampu otomatis. Karena bidang saya bukan PLC dan hanya memiliki pengetahuan sedikit tentang PLC saya dibingunkan oleh mekanisme sensor. Jadi begini.
    1. Program dalam kondisi normal lampu akan berjalan dari lampu 1 ke 2 ke 3 dan lampu ke 4
    2. Dilain tempat, ada sebuah ada lampu yang terhubung sensor lain dalam keadaan off. yaitu Lampu A memliki Sensor S1, lampu B memilik sensor S2, lampu C memilik sensor S3 dan lampu D memiliki sensor S4.
    3. Yang kami bingungkan adalah : seharusnya, saat sensor S1 ter-picu makan menjadi on, maka lampu A menyala, setelah lampu A menyala, lampu 1,2,3,4 kembali menyala dan berjalan normal contohnya seperti ini mas.

    Lampu menyala secara bergantian, setiap lampu menyala 10 detik, dari mulai lampu 1, lampu kemudian lampu 2.
    2. Ketika lampu 2 baru menyala 5 detik, sensor S1 terpicu dan akibatnya adalah lampu 2 meneruskan nyalanya hingga detik ke 10 dan setelah itu lampu A menyala (karena sensor terpicu) bukan lampu 3. Lampu A menyala hingga 10 detik dan program kembali normal ke lampu 3 (karena program tadi terhenti sampai lampu 2)
    3. Begitulah seterusnya, prinsipnya apabila semua sensor tidak terpicu, lampu lampu A, B, C, D tidak akan menyala, tetapi apabila sensor terpicu akan membuat aliran lampu menyala terpotong dan kembali normal setelah salah satu lampu A,B,C,D menyala 10 detik.

    Terima , kasih mohon di bantu bagaimana pembuatan laddernya.

    Wassalam.

    Agung Pambudi

  42. xxx Says:

    Mas agung,

    Tujuannya buat apaan sih, kalau sampeyan bingung cara kerjanya apalagi yang baca.
    MUngkin bisa diketik ulang sedetailnya dengan runut dan tidak rancu.

  43. Fathoni Says:

    @Hamdan : salam kenal balik mas

    @agung & xxx : bener kata mas xxx sebaiknya ditulis per step, saya juga agak bingung bacanya, prinsipnya program plc tuh tipenya adaa dua, ada yang interlocking (saling ketergantungan) ada yang sequencial (even state)

  44. agung pambudi Says:

    oke mas, jadi begini lampu lalu lintas memiliki 4 lampu, masing masing merah, kuning dan hijau jadi disini kita mengontrol 4X3 lampu yaitu 12 lampu.
    A. program berjalan dengan normal menggunakan timer. Ruas jalan 1 hijau, maka yang lain merah. kemdian berlanjut Ruas jalan 2 hijau dan lampu ruas jalan 1, 3 dan 4 semua merah.

    B. Apabila ada satu ruas jalan yang mendadak sibuk artinya kendaraan berjejalan di ruas jalan 4 maka otomatis urutan hijau mendadak berubah, ruas jalan yang sibuk diberikan jalan sehingga lampu hijau langsung menyala dan yang lain merah. Misal lampu hijau ruas jalan 1 hijau, setelah selesai giliran lampu hijau ruas jalan 2 hijau. Karna ruas jalan 4 sibuk, terpaksa program tidak berurut ke ruas jalan 3 tetapi langsung loncat ke ruas jalan 4. jadi pada psinsipnya ada loncatan program apabila salah satu ruas jalan memenuhi syarat tertentu. yaitu berupa sensor yang dipasang di ruas jalan 4.

    terima kasih

  45. Fathoni Says:

    pake PLC nya apa mas ?

  46. kardono Says:

    mas fathoni yang baik…

    saya mahasiswa teknik elektro mau tanya nih, saya mau bikin alat tuk mengukur ketebalan benda, pake’nya sensor jarak ultrasonic, trus pake modul PLC omron CJ1M-CPU12 (cpu), CJ1W-DA08V (modul analog output) sam CJ1W-ID211 (modul analog input) , trus mau kendaliin motor satu fase menggunakan Inverter JX Series punyanya omron juga, kira program nya gimana ya, gimana akses input analog trus ngeluarin data digitalnya ke inverternya.

    tolong bantuannya ya
    makasih banged

  47. suwarjo Says:

    Hallo semua, ada yang tahu info used plc dijual ? Khususnya Siemens S7 300 ato ControlLogic 5000.

  48. Fathoni Says:

    @mas kardono : dulu saya pernah coba PID Omron PLC menggunakan CPM2A, ada dimanual nya kok mas untuk tipe CJ1M agak sedikit berbeda tapi prinsipnya sama, maaf tidak menjelaskan secara lebih detil, udah gak pernah sentuh2 omron lagi :)

  49. yudi Says:

    gimana cara buat konfigurasi OPC dengan simatic net?

  50. e.one Says:

    OPC di SimaticNET ada dimanual SimaticNET mas ..:)
    coba link ini http://toekangscada.com/wiki/index.php/WinLC_%2B_Simatic_NET_%3D_Siemens_S7_Soft_PLC, walaupun tidak fokus kesana tapi ada bagian kecil yg menjelasin tentang OPC di SimaticNET

  51. yudi Says:

    thanks buat infox mas e.one, btw bgmna crx upload program by ethernet, soalx sy pernah punya pengalaman upload by ethernet (TCP/IP)tp tdk berhasil…..,thanks

  52. Sigit Says:

    Salam for All
    nambahin buat mas agung :
    Prinsipnya Lamer adalah AND OR dan Timer
    pasti bisa lah

    SALAM

  53. hadi Says:

    mas, aku lagi belajar Vijeo citect web server, ada referensi?

  54. e.one Says:

    @yudi: mestinya pertanyaannya ini diajukan ke mas Toni klo model ginian. Si CP Ethernet udah di configure atau belum? klo lom di configure sebaiknya pake koneksi cross, kalau sudah yg tinggal nyocokin address PC spy dlm satu subnet dgn addrs CP. Jgn lupa set PG/PC connection ke TCP/IP, trus download … sebelumnya setting dulu nomer slot tempat CPU berada (sbg contoh untuk S7-300 umumnya 2 dan S7-400 ada di slot 3) trus Update ..nah klo udah koneksi ke CP akan ada terdapat list PLC yg bisa kita download -> pilih -> download

  55. Fathoni Says:

    @e.one : makasih mas atas bantuannya :) gak sempet euy browse :(
    @hadi : wah saya juga lagi pengen belajar tuh :)

  56. arief Says:

    tolong bantu saya caranya memulai pemograman s7/300 dari awal terimakasih

  57. fathoni Says:

    hmm gimana yah … mas cari aja tutorial basic untuk step7 banyak mas, cari yang dari SITRAIN

  58. viozz Says:

    mas,mau tanya…apa perbedaan scan time dan cycle time? atau sama saja?
    ada dari sumber bacaan saya, scan time itu = waktu tanggap input + waktu eksekusi program + waktu tanggap output
    nah, bagaimana caranya kita menghitung waktu tanggap input, waktu eksekusi program, dan waktu tanggap output? atau bisakah masing2 dari ketiga waktu tanggap tersebut ditampilkan dengan menggunakan software cx-programmer?bagaimana caranya? (krn sy cm tahu cara menampilkan cycle time)
    oia,saya pakai plc omron cpm2a
    saya jg lagi cari daftar execution time tapi gak ketemu,mas punya sumbernya?kata dosen saya untuk instruksi AND, OR, LOAD, itu beda2 execution timenya.makanya saya lagi mencari2 nih
    trims

  59. Nur Says:

    saya masih bingung mas untuk program diatas, pada network 4 itu apakah semua fungsi kontrol motor dol harus di panggil mas?
    thanks

  60. fathoni Says:

    cukup dipanggil sekali aja mas
    tapi semua ke scan
    karena disitu menggunakan buffer data (zMDOL)
    buffer data tersebut nilainya berubah2
    karena di routing scan bergiliran :)

  61. irfan Says:

    mas mau tanya kalo misalkan ada sebuah sensor yang aktif dan plc memberikan sinyal lewat ke vb unruk kemudian menyuruh sebuah command pada vb?apakah bisa mas?lalu sensor tsb dapat dibedakan pada keadaan 0 dan 1 tidak mas??tksh sebelumnya,

  62. fathoni Says:

    jawabannya : bisa :)

  63. heri Says:

    mas fathoni, shared data block itu masuk kategori temporary atau static data mas? trus bagaimana pengaruhnya terhadap work memory?

  64. fathoni Says:

    termasuk kategori static data
    tentunya akan berpengaruh ke load dan work memory

  65. Saiful Says:

    Mas, mau tanya nih. Maaf kalo sepele ya. Saya memang pemula banget.

    Kalo kita mau bikin sebuah/lebih lampu dinyalakan dan mati pada jam tertentu (bukan dari interval sejak input aktif) bisa nggak pake PLC ya mas?

  66. Fathoni Says:

    bisa mas, pake clock PLC, dan biar lebih akurat sebaiknya PLC tersebut dihubungkan ke PC untuk sinkronisasi date and time

  67. wimpy Says:

    mas mau tanya tentang PLC Omron sysmac CJ1M-CPU11-ETN. itu untuk i/o nya bagaimana???? terus cara koneks internetnya gimana????

  68. fathoni Says:

    Saya ga experience di omron mas, mungkin bisa dibrowse tipenya, cuma setauku untuk tipe tersebut modular

  69. sulton Says:

    Salam kenal mas

    Mas minta tolong ,ditempat kami kerja ada mesin yang menggunakan plc s7 200, yang berhungan dengan inverter hitachi dengan menggunakan com rs485,saya ingin mengganti inverter hitachi itu dengan inverter lg ternyata tidak bisa konek padahal parameter inverternya udah saya setting sesuai kebutuhan, apa perlu dirubah program plcnya tolongdong kasih petunjuk

  70. Belajar PLC Says:

    Pak,punya program untuk aktivasi software simatic Manager ga? saya sedang coba belajar PLC S7.

    Semoga kenan membantu

    Salam

  71. Fathoni Says:

    @sulton :
    digantinya pake inverter yg sama apa beda ?
    seharusnya kalo paramter, address dan tipe inverternya sama ga perlu ubah program

    @Belajar PLC :
    nanti saya kirim ke email mas

  72. sulton Says:

    makasih atas taggapannya mas, inverternya pakai inverter LS ( LG )sebelumnya hitachi mas,kalau bisa tolong dong saya di kasih contoh bikin program untuk comunukasi rs 485 karena program sebelumnya menggunakan bahasa china, dan saya juga lagi taraf belajar ni mas

  73. Fathoni Says:

    mas sulton, japri lewat email aja yah

  74. Daniel gea Says:

    Lam kenal mas thoni yang baek,
    saya seorang teknisi, pengen belajar plc.
    Saya punya plc fuji electric NQ2p20R-14. mo tanya nih, tuh plc softwarenya pake apa ya?? trus ngedownload program ke plc pake com apa?? saya awam ttng plc, dah nyoba nyari datasheetnya tp ga ktmu jg.
    thanks mas ya, makin suses..

  75. Fathoni Says:

    Mas Daniel,

    saya tidak experience dengan PLC Fuji, cuma untuk tipe tersebut bisa diliat speknya di link : http://smartdata.usbid.com/datasheets/dsid/165619.pdf

  76. Daniel gea Says:

    thanks mas ya bt infonya.
    makin sukses..

  77. ayuhan Says:

    mas saya mempunyai problem bagaimna cara mensinckronkan dua inverter dengan menggunakan plc(saya menggunakan plc omron type cpm2a),apa harus menggunakan cx-protocol ?tolong mas kasih tau

  78. ayuhan Says:

    mas bagaimana cara merelease keyword plc melsec fx2n punyanya mitsubishi electric,yang paling mudah

  79. Fathoni Says:

    komunikasi antar plc omron ke inverter pake apa ? intinya yaitu feedback speed/arus/torque dari Inverter yg sebagai master itu dilempar ke inverter satunya sebagai setpoint via PLC

    saya ga experience dengan PLC Melsec :) jadi belon bisa bantu

  80. Brian Says:

    Mas saya boleh tanya bagaimana pemrograman PID pada CPM2a

  81. fathoni Says:

    CPM2A dulu saya gunakan waktu kuliah 7 tahun yang lalu, pake instruksi PID(190)

    S = source word ; fisik decimal dari dari analog input
    D = destination word ; fisik decimal untuk keluaran analog output

    C = 1st parameter word
    yang perlu diseting adalah nilai dari C s.d C+6

    C = setpoint
    C+1 = gain
    C+2 = integral
    C+3 = derivative
    C+4 = sampling period
    C+5 = operation parameter
    C+6 = input dan output range
    C+7 s.d C+32 = work area (gak perlu di setting)

    lebih lengkapnya bisa dilihat di “CPM2A Programming Manual” , bisa di browse di google

  82. Brian Says:

    Makasih mas jawabannya , mas kalo minta tolong contohin programnya untuk pengaplikasian pada pengaturan tinggi level air pada pengisian tangki bisa ga mas , untuk tugas akhir saya . PID nya untuk mengatur kecepatan pompa berdasarkan level air . mohon bantuannya mas

  83. fathoni Says:

    Oke, nanti saya kirim ke email, saya pake cx programmer v9.3

  84. Brian Says:

    makasih mas. ^_^

  85. Brian Says:

    ini mail saya mas brian_ramdhani@rocketmail.com

  86. ipaytukik Says:

    masbro..untuk penggunaan timer dan counter,boleh minta contohnya?yang sering digunakan untuk setiap proses menggunakan ladder… thanks

  87. fathoni Says:

    saya kirim ke email mas

  88. anton Says:

    mas.. minta tolong banget.
    gimana cara untuk memprotec / mengunci dengan password pada omrom cpm 1a, supaya gak bisa di rubah atau di lihat sembarangan gitu

    maaf .. minta tolong ya mas.

  89. Fajar_Aji Says:

    salam knal mas Thoni,

    mas saya ada masalah dengan upgrade dari plc s5 ke s7 mas…
    saya kurang bgtu tau tentang plc siemns s5.
    bisa tolong di bantu apa saja yang harus d siapkan kalau kita ingin upgrade s5 ke s7 termasuk program dan komunikasi nya mas??

  90. fathoni Says:

    @anton : nanti saya kirim ke email print screennya

    @fajar_aji : ada dua cara bisa lewat program conversion S5 S7 (bawaannya simatic manager) cuma tetep nanti ada beberapa function dan data yang harus diedit sendiri, atau kalo kita udah tau proses di S5nya tulis dari nol programnya :)

  91. anton Says:

    saya sudah coba memang bisa mas, dan saat plc saya buka menggunakan console ataupun pc, protec memang sudah berfungsi.

    tapi bisa nggak jika plc itu saya kunci menggunkan password?.. sebab pada kasus saya, protec yg udah saya coba tadi, masih bisa di reset menggunakan pc. dan pada jika saya coba set password keluar tulisan gini “Error setting UM read protection the program do not include read protection information.”

    hehe jadi bingung mas.. padahal aku pernah menjumpai mesin produk taiwan, plcnya bisa di protect passwod. (total gak bisa di buka via console / pc ) padahal type dan merk plcnya sama mas…

    o ia.. saya menggunakan omron cpm 1A 40 CDR + 20 EDR1, 3unit.

    komunikasi menggunakan USB-CIF02, CX programer Version 6.11

    makasih sebelumnya Mas… maaf agak panjang nih pertanyaannya.

  92. fathoni Says:

    Saya uda lama ga pake omron mas dulu pas kuliah aja, nanti saya cari deh, saya pake cx programmer v9.3

  93. fathoni Says:

    Oya mas baru inget untuk series cpm1 ga bisa, yang bisa series cmp2 keatas

  94. yoga Says:

    mas fathoni, saya yoga dan saat ini masih kuliah. saya ingin belajar PLC siemens, softwarenya sudah punya, namun untuk ebook/tutorialnya belum, apabila mas fatoni punya, bolehkah saya minta untuk dikirimkan ke amil saya mas???trimkasih.
    kalo ada tutorial DCS (centum pv dari yokogawa) juga boleh. .
    trimakasih banyak mas. .

  95. fathoni Says:

    udah saya kirim juga yah

  96. joene Says:

    Salam Kenal MAs,

    Mau tanya untuk activation RS Logic and RS view gimana caranya ya, PC yang berisi programnya itu boardnya rusak dan ganti baru tapi setelah program jalan butuh activation. aku punya rehostnya aja tapi nga tahu cara mengactivaisikannya. aku udah baca helpnya ya nga mudeng juga maklum bahasa inggrinya jadul. Tolong mas cara dan urut2anya untuk actvation RS Logic dan RS View. Thanks Banyak ya

  97. fathoni Says:

    mas joene, untuk AB PLC coba tanya ke sini : http://juare97.wordpress.com/

  98. joene Says:

    Tambah Lagi Mas,

    PLC s7 400 batterynya itu ada 2 dan disitu juga ada switch tulisan baterry 1 dan baterry 2 apakah salah satunya sebagai spare apabila salah satunya habis, aku mau belikan baterynya soalnya kemaren UPS mati programnya hilang ternyata battery habis juga sekarang aku pake batery HP, tolong dimana ya aku bisa beli batterynya itu. Maklum masih belajaran. thanks ya sebelumnya

  99. fathoni Says:

    fungsi batery disitu mirip seperti batery RAM di komputer, yup dua batery itu fungsi salah satunya sebagai redundant jika salah satunya habis , tapi tetep harus di change over manual dari switch, jadi kalo batery 1 habis di switch ke batery dua baru kemudian bisa diganti batery satunya, switch dari satu batery ke batery lain dilakukan saat power AC (supply 220 VAC) on, kalo mau beli baterynya bisa ke siemens langsung atau distributornya , nanti saya kasih kontak personnya japri ke email deh

  100. kamalhakim Says:

    Salam kenalmas,

    Mau tanya, bagaimana cara konek PLC Versamax GEFanuc, SNP dengan VB.net.
    Thanks.

  101. fathoni Says:

    saya gak pernah pake PLC GE Fanuc mas, cuma typicalnya PLC pasti punya DDE Server atau OPC Servernya, kalo udah dapet OPC atau DDE Server untuk PLC GE Fanuc kemudian tinggal cari cara komunikasi dengan dua protokol tersebut ke VB.NET , banyak contohnya di internet : http://www.fredshack.com/docs/dde.vb.net.html
    http://www.scriptlance.com/projects/1221360124.shtml
    http://social.msdn.microsoft.com/Forums/en-US/vblanguage/thread/608798b5-986d-418d-a7c0-1d6d2211843d

  102. nopex Says:

    mas syarat untuk training ke siemens indonesia gimana?
    punya knlan ga di siemens?

  103. ARya Says:

    mas Fathoni bisa minta alamat emailnya? (pleeeease).., btw sy ingin mendalami PLC mitsubishi atopun schneider

  104. ARya Says:

    nih email sy : hk.energy.solution@gmail.com

  105. ARya Says:

    klo mitsubishi (GX developer)

  106. fathoni Says:

    udah saya email yah mas nopex dan mas arya :)

  107. nopex Says:

    Mas fathoni di siemens pospond trainingnya, nunggu Quota min 5 orang.
    Ada referensi lain ga?

  108. fathoni Says:

    japri aja yah mas by email

  109. yantiyanz Says:

    alam kenal mas,saya mau tanya saya mau mengkomunikasikaan PLC siemens s7 300 dengan omron c200 he kira2 bagaimana caranya ya supaya program yang ada di s7 300 siemens bisa dibaca oleh omron

  110. fathoni Says:

    bukan program yang bisa dilihat tp komunikasi data antar 2 PLC tersebut , cara yang paling mudah yaitu menggunakan profibus DP COUPLER, coba anda pelajari C200 untuk komunikasi profibusnya (tambah new module atau gimana), nanti saya bantu disisi S7-300 nya :)

  111. fathoni Says:

    bisa dibaca didokumen ini mas :

    http://www.4shared.com/office/NHGj0eBW/W05E-EN-01CX-PROFIBUSOperManua.html

    settingnya pake CX-Profibus bawaan dari CX-One

    setelah itu pake DP Coupler , nanti saya bantu disisi S7-300 nya

  112. joh Says:

    mas bro. tolong buatkan ladder diagram star delta. menggunakan PLC LG GMWIN 4.0…

  113. joh Says:

    tolong kirim ke sini ya johan_libra08@yahoo.co.id

  114. fathoni Says:

    saya gak punya software PLC LG tersebut :)

  115. andik Says:

    mas bro share dong cara menggunakan DDE manager supaya PLC bisa komunikasi PC

  116. fathoni Says:

    secara general saya bisa dan pernah coba,tp untuk tau lebih detil bisa tanya langsung ke toekangscada.com

  117. akmal budi Says:

    maaf mas ganggu,,
    mas saya liat comment2 nya ada yg menanyakan program untuk pengaplikasian pada pengaturan tinggi level air pada pengisian tangki dengan sistem kontrol PID untuk mengatur kecepatan pompa berdasarkan level air .
    maaf mas boleh gak minta kirimin k email saya, soalnya saya juga untuk referensi tugas akhir.
    makasih ia mas sebelumnya,,
    salam super,,

  118. fathoni Says:

    langsung japri ke email mas yah : akmllbudi@yahoo.com

  119. Farid Says:

    Maaf mas bsa ngak…
    Minta contoh programnya untuk mengatur ketinggian air dalam tangki..?
    Klw bsa kirim via e-mail aja yah..
    Ini e-mailx
    d41110270@gmail.com
    Makasih sebelumx…

  120. fathoni Says:

    pake software apa mas bikin programnya ? :)

  121. agus Says:

    mas fathoni saya mw tanya gmn caranya membuka program simatic s7 buatan cina ke simatic manager?
    soalnya saya coba trus minta setting languagenya ke bahasa china..
    terima kasih.

  122. fathoni Says:

    install language chinese di windows, atau kalo asal bisa buka dulu di rename aplikasinya

  123. asep Says:

    Mas, saya mau tanya tentang PLC GE Fanuc Series 90 Micro. kalo mau buat diagram laddernya pake program apa ?
    pengen nyoba IO nya.
    Thanks

  124. jet set discoteca roma Says:

    There is perceptibly a lot to know about this. I assume you made various good points in features also.

  125. trasporti traslochi roma Says:

    I am not sure where you are getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for great information I was looking for this info for my mission.

  126. dewa Says:

    salam kenal mas fathoni.

    mas sy lagi blajar plc siemens s7-300, sy tertarik dg conto projectnya mas brian. bisa ga mas toni kirimkan programnya pake ladder diagram s7-300? terima kasih
    sy sangat berharap mas toni bisa kirim ke email sy daewante1@gmail.com

  127. fathoni Says:

    udah saya email mas, contoh PID Program

  128. dedi Says:

    sy ada punya PLC merk Delta DVP-64EH00R2 mengalami eror, mohon di bantu,
    terima kasih

  129. fathoni Says:

    maaf mas ga bisa bantu baru denger nama PLC nya :)

  130. septyan Says:

    mas, mohon bantuannya
    saya bingung cara pengaturan jadwal yang pake memori di step7.. misal ngidupin motor pada jam sekian..
    bs ksih tutorialnya mas.. mksih mas

  131. fathoni Says:

    baca di artikel saya yg ini mas : http://toekangplc.com/2010/03/20/membaca-date-time-pada-s7/

  132. rendy Says:

    mas saya minta link download software yang bisa dipake buat latihan plc programing dong, yang ada simulasinya juga..
    kayak ladsim gitu, tapi yang full persion.
    thx.

  133. Sopiyana Gumilar Says:

    Mas..
    Mohon bantuannya..saya mau ganti inverter mesin merk yg dipakai omron dengan inverter omron jg yg sy beli lokal ga dari produsen mesinnya lgsg tp inverter tersebut komunikasi dengan plc mrknya omron juga pake rs485,kira2 bisa ga disetting ya mas sesuai aslinya?mohon pencerahannya dikirim ke sopiyana.gumilar@gmail.com

  134. fathoni Says:

    saya gak experience dengan inverter omron, cuma bisa dibaca detil pasti di manualnya

  135. dedik irfani Says:

    mas mau tanya …gimana cara komunikasi antar dua plc omron contohnya plc cj1m dengan cqm1h melalui media port serial rs 232 dan gimana cara konfigurasi dan setting perintah programnya dengan cx programmer..terima kasih

  136. fathoni Says:

    saya belum pernah mas coba, tapi harusnya detil dijelasin di operation manual dan programmable manual

  137. dimas Says:

    pak gimana cara biar cx progammer 6.1 bisa disimulasi,punya saya itu ndak bisa disimulasi,apakah harus ada software tambahan

  138. fathoni Says:

    iya cx simulator nama softwarenya

  139. dedik irfani Says:

    pak boleh minta cx programmer full version ver.9 yang bisa saya download,saya ingin bisa program plc mohon bantuannya,terima kasih

  140. dedik irfani Says:

    atau tidak mungkin bisa dikasih tau link downloadnya atau dikirimkan ke email trus ntar saya download mas,,terima kasih

  141. afri Says:

    ada yang punya conection wiring PLC OMRON C200 ga?
    o iya,kmren ada tuh mas yang nawarin saya software CX-PROGRAMER ver.9,tp sayang’a ga gratis mas (bayar)
    no HP’a 081385010616.

  142. fathoni Says:

    tinggal dibrowse aja mas operation manualnya C200, banyak kok di internet

  143. ari Says:

    mas kalo pada plc cj1m cpu12 led indicator err/alm nyala terus itu kenapa ya?

    trus harus di apakan agar plc normal lagi?
    maaf baru belajar plc…hehehe
    trims

  144. fathoni Says:

    online,, terus liat di menu eror lognya

  145. grandys Says:

    Ada sample/saran untuk program FIFO di PLC Siemens pak Fathoni?

  146. Deni H Says:

    Mas saya mau tanya, sy coba connect ke plc mitsubishi type Aoj2CPU pake Gx Depelover pada saat connection test muncul “The connected plc could not recognized”. Tetapi pada saat sy connect ke plc lain dengan type yng sama itu bisa. Yang saya tanyakan yg bermasalah kabel datanya apa plc AoJ2cpU yang bermasalah

    Terima kasih mohon pencerahanya

  147. fathoni Says:

    saya gak experience di mitsubishi mas, maaf belon bisa bantu

  148. edwin Says:

    selamat datang mas akmal di halaman mas fathoni :) . mas fathoni : adakah contoh program siemens s7-1200 yg dikombinasikan dengan VB. Boleh saya minta contohnya yang dr mas fathoni?untuk menambah referensi mas :)

  149. fathoni Says:

    buka aja linknya di sebelah kanan –> http://alexsentcha.wordpress.com/

  150. Deddy Says:

    Salam kenal Pak Fathoni, saya seorang programmer tapi masih belajar – belajar. saya mau minta tolong pak, saya kesulitan membuat program dengan function FIFO di plc Omron (CJ1M), saya sudah coba beberapa kali tapi masih belum berhasil juga. kalau kirim juga contoh programnya. Terima kasih sebelumnya

  151. fathoni Says:

    saya juga belon pernah cobain fungsi FIFO, gini aja dulu mas studi kasus aplikasinya untuk apa ?

  152. Deddy Says:

    untuk proses conveyor pak. Contoh : Ada 1 conveyor transfer panjang 10m untuk 4 jenis product, yg akan dipilah oleh 1 rbt. Input conveyor berdasarkan data input product, a/b/c/d. Bagaimana robot bisa membedakan product yg datang baik secara berurut / acak. Signal robot berdasarkan signal input conveyor. Terima kasih

  153. fathoni Says:

    oh sistem shift register

  154. Deddy Says:

    ya boleh dibilang begitulah. bisa dibantu pak

  155. dedik irfani Says:

    maaf mau tanya ini bagaimana cara sistem link antar dua PLC omron atau lebih menggunakan serial port plc ..bagaiamana wiring dan sistem link dan apa aja yg harus diatur..biar input plc 1 bisa menjalankan output plc yg ke 2..terima kasih

  156. fathoni Says:

    komunikasi via address LR (link relay)

  157. yuda Says:

    maaf pak mau tanya, gini , saya kan membuat program ( C+ A+ C- A- B+ B- ), saya menggunakan PLC FESTO 4.01 , problemnya : apa bila program 3 silinder tsb dijalankan silinder C tidak mau gerak sama sekali, tapi apabila hanya dibuat silinder B dan C saja ,a dan B saja, atau A dan C saja dapat jalan dengan baik, solusi nya gimana ya pak ? , terimakasih.

  158. fathoni Says:

    gak mengerti saya maksudnya C+ A+, kalo mau diskusi panjang langsung email aja ke => achmad.fathoni@toekangplc.com

  159. Machdi Says:

    Salam kenal Mas,
    Saya Machdi, Juturan teknik otomasi Industri
    sekarang sedang Tugas Akhir,
    TA saya, membuat simulator PLTMH
    saya menggunakan motor 3phasa sebagai prime mover, kecepatan motor tsb diatur menggunakan VFD Tosvert VF-S11, dan VFD dikendalikan dengan PLC XBM_DN32S, nah saya masih menemukan kendala pada koneksi VFD ke PLC ny, saya bermaksud menggunakan modbus pada VFD terdapat protokol Modbus dan menggunakan RS-485 sebagai media komunikasinya,
    saya mohon petunjuknya Mas untuk koneksi PLC-VFD
    Terima Kasih

  160. fathoni Says:

    maaf mas belum bisa bantu belum pernah dan tau apa itu PLC XBM, agar lebih mudah komunikasinya via analog hardwiring aja

  161. riyanto Says:

    siang pa,sy mohon pencerahan masalah rs 232/485 bagimana agar dapat di baca di plc omron cp1l,klu boleh di kasih contoh LD nya atau alamat broowsingnya ,.terima kasih

  162. fathoni Says:

    RS232/485 protokolnys apa ?

  163. Adhi Says:

    Mas Salam Kenal Sya Adhi
    mas sya dikasih tugas kontrol lift 4 Lantai
    listing nya gmn mas??
    agak kebingungan
    tambah dengan cx designernya

  164. Rival Says:

    selamat malam, pak saya ingin bertanya. cara komunikasi remote control ke PLC bagaimanakah ??

    sekian..

  165. fathoni Says:

    mas rival : maksudnya remote control ini apa ? :)

Leave a Reply

Copyright © 2008 toekangscada.com, Powered by Wordpress, WP Theme redesign from Glossyblue
Entries RSS Comments RSS Log in