Solusi itu adalah “Ratio Control”

General, Project, S7-300, Simatic Step7 Add comments

Aplikasi sederhana dari “Ratio Control”
Project berikut adalah salah satu bentuk action dari tindakan penghematan, dalam hal ini adalah penghematan chemical yang lumayan mempengaruhi “cost”. WWTP sebagai suatu plant pemurnian waste sebelum di lepas ke lingkungan luar. Chemical memegang peranan penting dalam pemurnian waste.

Dari flow diagram di atas dapat dilihat bahwa yang di control adalah speed dari pompa chemical, berdasarkan inputan dari berapa jumlah waste yang masuk, berapa jumlah chemical yang masuk, sehingga menghasilkan ratio standard dalam hal ini yang ingin kita capai sebesar 0.83.

System ini terhubung dan di control oleh Simatic S7 PLC, typical continuous control yang digunakan adalah “ratio control” , adapun penjelasan menurut wikipedia adalah ” Ratio control is used to maintain the relationship between two variables to control a third variable ” .

Saya memanfaatkan add-on atau library yang dimiliki Simatic S7 (meskipun harus install lagi) 🙁 Library tersebut bernama Modular FB PID Control v4.1 , yang terbaru kayaknya udah v5.0 . Setelah di install akan muncul banyak modular block yang siap dirangkai sesuai block rangkaian control, ibaratkan seperti merangkai puzzle.

Seperti penjelasan diatas, bahwa ratio control digunakan untuk menghubungkan antara dua variabel untuk mengendalikan variabel ketiga. Jadi kira kira nantinya saya akan membuat block control seperti ini :

dan hasil akhir untuk function blocknya seperti ini :

l

dimana ;
PV1 : Waste Flow Rate
PV2 : Chemical / Coagulant Flow Rate
SPRat : Ratio yang ingin dicapai = 0.83 (konstan)
LmnPer : Output Speed Chemical Pump (binary data)

Adapun langkah untuk membuat function block tersebut :

1. Mencari nilai ratio aktual

2. Error Monitoring Block

3. PID Continuous Block

4. Output Manipulated Block

5. UnScale ke Nilai Binary

Variabel Table untuk simulasi nilainya :

Selesai !! dengan library dan add-on tersebut, kita bisa berkreasi dan membuat program sesuai dengan kebutuhan continuous sistem kita seperti apa.

Copyright © 2008 toekangscada.com, Powered by Wordpress, WP Theme redesign from Glossyblue
Entries RSS Comments RSS Log in