S7-1200 & IntegraXor Web HMI

Other HMI, S7-1200, Simatic Step7 Add comments

artikel tentang koneksi S7-1200 dengan IntegraXor Web HMI

IntegraXor mungkin salah satu pemain baru di dunia HMI dibanding pemain seperti Wonderware, Citect, FTView, etc. Awalnya dapet info dari toekangscada, tentang ada HMI keluaran terbaru based on web dengan teknologi adobe SVG dan Java.

Kemudian mulai deh cari tau dan dapet harganya, lumayan murah untuk ukuran Web HMI. Hanya sayang saat itu waktu masih versi 3 belum support langsung ke PLC Siemens (Profinet). Bisa, tapi lewat protokol OPC , sama aja boong sih karna tetep harus bayar mahal untuk OPC License. Alhamdulillah, untuk IntegraXor versi 4 (terbaru) udah support langsung profinet. Berikut arsitekturnya untuk IntegraXor dan PLC :

Untuk artikel ini saya menggunakan Siemens S7-1200 karena dirumah adanya itu, dan saya rasa akan sangat pas sekali jika digabungkan dengan IntegraXor (sama sama murah dan support ethernet).

1. Tagname di PLC

Yang akan saya simulasikan adalah memonitor level tank, Process Value (PV) beserta alarm high high, high, low, dan low low. Berikut tagname dan address PLC nya :

2. ECAVA IntegraXor Editor

Installer total untuk IntegraXor sekitar 55 MB, terdiri dari IntegraXor SCADA Server dan Inkscape Graphic Editor, semuanya bisa didonlot di http://integraxor.com/download.htm ,,, free dan jika tanpa license bisa running kontinyu selama 1 hari 🙂 setelah 1 hari akan minta restart (lumayanlah buat latihan latihan) Intinya untuk IntegraXor yang licensenya hanya run time aja.

IntegraXor Server run di platform MS Windows XP (above) dan Windows Server 2003 (above), dan untuk web client bisa menggunakan IE 8.0 (above), Firefox 3.5 (above), Chrome 3.0 (above).

Kemudian buka program ECAVA Program Editor : Klik Start –> All Programs –> Ecava –> IntegraXor Editor.

Berikut tampilan new projectnya dan struktur menu serta fitur2 yang bisa digunakan :

Bagi yang biasa pegang software HMI, tentunya akan lebih mudah mem-program setiap fitur tersebut.

3. I/O Driver & HMI Tagname

IO Driver yang saya gunakan yaitu PROFINET (Siemens PLC), selain profinet, IntegraXor support Modbus, Omron FINS, OPC, Ethernet IP, GE Fanuc, Mitsubishi Melsec-Q.

Kemudian setelah itu buat tagname berdasarkan address PLC :

ada sedikit perbedaan penulisan addres di TIA Portal dengan di IntegraXor :
%M200.1 –> M.200.1
%MD100 –> MD.100
%I0.0 –> I.0.0
%Q0.0 –> Q.0.0

Untuk trend log databasenya di set di menu database, untuk contohnya saya gunakan MS Access :

4. Setting Alarm Tag

5. Animasi Grafik

Animasi Tagname “LevelTank” 0 – 100 m3

6. Runtime

Saat di Run Project, maka otomatis akan mengaktifkan IntegraXor Server

Membandingkan nilai di Watch Table PLC dengan Animasi HMI IntegraXor

Alarm Aktif

Trending

Contoh tampilan di demo IntegraXor

IntegraXor tidak terlalu membutuhkan kemampuan di pemrograman HTML dan JavaScript, karena sebagian besar fiturnya bisa diakses dengan mudah. Dengan segala kemudahan dan kehandalannya untuk berkomunikasi dengan berbagai macam PLC diharapkan Web HMI ini bisa menjadi salah satu pilihan di dunia otomasi industri.

Copyright © 2008 toekangscada.com, Powered by Wordpress, WP Theme redesign from Glossyblue
Entries RSS Comments RSS Log in