S7-1200 & IntegraXor Web HMI

artikel tentang koneksi S7-1200 dengan IntegraXor Web HMI

IntegraXor mungkin salah satu pemain baru di dunia HMI dibanding pemain seperti Wonderware, Citect, FTView, etc. Awalnya dapet info dari toekangscada, tentang ada HMI keluaran terbaru based on web dengan teknologi adobe SVG dan Java.

Kemudian mulai deh cari tau dan dapet harganya, lumayan murah untuk ukuran Web HMI. Hanya sayang saat itu waktu masih versi 3 belum support langsung ke PLC Siemens (Profinet). Bisa, tapi lewat protokol OPC , sama aja boong sih karna tetep harus bayar mahal untuk OPC License. Alhamdulillah, untuk IntegraXor versi 4 (terbaru) udah support langsung profinet. Berikut arsitekturnya untuk IntegraXor dan PLC :

Untuk artikel ini saya menggunakan Siemens S7-1200 karena dirumah adanya itu, dan saya rasa akan sangat pas sekali jika digabungkan dengan IntegraXor (sama sama murah dan support ethernet).

1. Tagname di PLC

Yang akan saya simulasikan adalah memonitor level tank, Process Value (PV) beserta alarm high high, high, low, dan low low. Berikut tagname dan address PLC nya :

2. ECAVA IntegraXor Editor

Installer total untuk IntegraXor sekitar 55 MB, terdiri dari IntegraXor SCADA Server dan Inkscape Graphic Editor, semuanya bisa didonlot di http://integraxor.com/download.htm ,,, free dan jika tanpa license bisa running kontinyu selama 1 hari ๐Ÿ™‚ setelah 1 hari akan minta restart (lumayanlah buat latihan latihan) Intinya untuk IntegraXor yang licensenya hanya run time aja.

IntegraXor Server run di platform MS Windows XP (above) dan Windows Server 2003 (above), dan untuk web client bisa menggunakan IE 8.0 (above), Firefox 3.5 (above), Chrome 3.0 (above).

Kemudian buka program ECAVA Program Editor : Klik Start –> All Programs –> Ecava –> IntegraXor Editor.

Berikut tampilan new projectnya dan struktur menu serta fitur2 yang bisa digunakan :

Bagi yang biasa pegang software HMI, tentunya akan lebih mudah mem-program setiap fitur tersebut.

3. I/O Driver & HMI Tagname

IO Driver yang saya gunakan yaitu PROFINET (Siemens PLC), selain profinet, IntegraXor support Modbus, Omron FINS, OPC, Ethernet IP, GE Fanuc, Mitsubishi Melsec-Q.

Kemudian setelah itu buat tagname berdasarkan address PLC :

ada sedikit perbedaan penulisan addres di TIA Portal dengan di IntegraXor :
%M200.1 –> M.200.1
%MD100 –> MD.100
%I0.0 –> I.0.0
%Q0.0 –> Q.0.0

Untuk trend log databasenya di set di menu database, untuk contohnya saya gunakan MS Access :

4. Setting Alarm Tag

5. Animasi Grafik

Animasi Tagname “LevelTank” 0 – 100 m3

6. Runtime

Saat di Run Project, maka otomatis akan mengaktifkan IntegraXor Server

Membandingkan nilai di Watch Table PLC dengan Animasi HMI IntegraXor

Alarm Aktif

Trending

Contoh tampilan di demo IntegraXor

IntegraXor tidak terlalu membutuhkan kemampuan di pemrograman HTML dan JavaScript, karena sebagian besar fiturnya bisa diakses dengan mudah. Dengan segala kemudahan dan kehandalannya untuk berkomunikasi dengan berbagai macam PLC diharapkan Web HMI ini bisa menjadi salah satu pilihan di dunia otomasi industri.

42 thoughts on “S7-1200 & IntegraXor Web HMI”

  1. Salute bwt kang toni walaupun sdh jadi ass. manger masih suka develope…itu yg ane suka…suwun artikelnya.
    Btw bila ane pingin share ilmu nang blog sampean bisa diposting dmn?
    Thx Kang Toni

  2. di email aja ke gw mas dalam bentuk word, nanti gw posting deh, dibawahnya nanti ta kasi by Cak Anas ๐Ÿ™‚ tapi artikelnya tentang PLC aja yah ๐Ÿ™‚

  3. Wah,,,,editor graphicnya pake inkscape ya? :D. Inkscape biasa dipake sebagai pengganti corel draw di Linux.
    Nuhun infonya kang

  4. Mas saya punya masalah untuk time larm pada winCC, kenapa time alarm yang muncul ,beda dengan jam actual yang diwindows, padahal saya sudah set date n time pada winCC, PLC semuanya sama dengan jam windows(PC).
    mohon pencerahannya…

  5. time zonenyz uda sama antara winCC dengan windows bahkan saya juga sdh samakan dengan PLCnya, tapi waktu terjadi alarm yang kebaca diwinCC waktunya(jamnya) beda,jam di alarm loggingnya lebih cepat 8jam dari wimdows. untuk tgl n tahun sdh sama.

  6. iya mas semuanya sdh sinkron, di hardware config sdh dan di winCC juga di sinkronisasi date n timenya, untuk waktu penunjukan time di winCC sdh ok, tapi untuk alarm loggingnya yang blm ok

  7. mas Thony numpang tanya ,,,apakah software microwin step7 v5.5 sudah ada ? trus gimana cara mendapatkanya..??? trims ats bantuanya…

  8. maksudnya microwin step7 v5.5 ??? adanya juga step 7 prof 2010 yang didalamnya include step7 v5.5 ๐Ÿ™‚

    untuk mendapatkannya (license resmi) bisa menghubungi distributor siemens

  9. maksudnya CPU S5 udah ditancep IBH net adapter buat connect ke DA OPC server.Nah saya mau manfaatin LAN networknya buat ngambil TAGs ke HMI.Di wincc 2008 ada menu connection OPC?tapi saya belum terlalu faham pemakaiannya.

  10. Oh klo itu bisa banget mas, bener pake opc, jadi di wincc flex nanti dibrowse opcserver, nanti akan muncul opc servernya ibh, tp sebaiknya didefine dulu item tag disisi opc servernya, untuk browsenya wincc flex harus online ke opc server

  11. ok mas bro sudah bisa.satu lagi nih mas, kalo HMI nya sendiri yg support OPC, bisa gak ya dijadiin OPC servernya, biar HMI bisa langsung connect ke PLC via IBH adapter.
    ty.

  12. Admin, ini saya ada problem dgn IntegraXor, dgn tutorial yang ada saya jadi bingung.

    saya mau tanya admin, ada tidak tutorial dri admin sndri dengan study case sederhana.atau contoh kasus.

  13. harus ada opc servernya pak?
    Bapak telah membuat sample hmi web nya, bisa dishare Pak?
    saya ingin mencobanya di plc mitsubishi Pak!

    sama satu hal lagi Pak, mengenai vijeo citect.
    rencananya saya ingin ambil TA dengan Vijeo Citect dan PLC tpi ada kendala pada cara komunikasi antar keduanya dan menggunakan citectnya, mohon bantuaannya Pak, softwarenya sya bru download Pak!
    terimaksih telah direspon Pak!

  14. terimakasih ata tanggapannya!
    kalo intregaxor ke PLC AB gmna Pa?

    rencananya komunikasi dengan PLC AB 5 Pa,
    Bagaimana saran bapak untuk TA seperti ini Pa?
    saya igin buat scada dengan vijeo citect dan plc AB Pa, Bagaimana Pak?

  15. tergantung PLC yang mas punya aja, bisa ke PLC apa aja kok, hanya untuk HMI Vijeo Citect relatif lebih susah dibanding HMI yang lain, saran saya untuk tugas akhir pake Wonderware InTouch aja

  16. oh seperti itu perbandingan nya ya Pak,

    begini Pak ditempat saya itu sudah ada dua alumni yang menggunakan wonderware sehingga saya berasumsi untuk membuat perbandingan dengan software yang lain supaya da perbedaan Pa, Maaf Pa, waktu dulu juga saya pernah baca ada yang konsultasi TA pakai Citect ke bapak, itu bagaimana Pa?
    Kalo mengharuskan dengan wonderware Pa, sperti apakah kalo scada wonder ware itu berbasis internet, tolong Pa!

  17. web base Pa!

    Pa, saya tadi disuruh oleh pembimbing mengenai TA sya itu, langkah awalnya, bisa konek dahulu software scada vijeo citect ke PLC, rencana PLC omron pakai serial Pa!

    Apakah ada panduaannya ga pa untuk hal komunikasi plc omron dengan citect Pa?

  18. Pa maaf saya mahasiswa tingkat akhir di Polman (Bandung) ingin bertanya mengenai koneksi PLC Omron dengan Software Vijeo Citect menggunakan kabel ethernet , bagaimana caranya pa ? terima kasih
    Dan mohon maaf mungkin apakah saya boleh minta nomor hp bapa ? Terima Kasih

  19. permisi pak toni, kebetulan saya di suruh membuat hmi dari plant mini pabrik yang menggunakan s7300 di lab tempat saya belajar menggunakan citect, kalo saya boleh minta tolong pak, bisa di posting kan ga tutorialnya, seperti bapak menerangkan tutorial wincc ?
    terima kasih.

  20. pak toni, untuk konek antara plc siemens dengan integraXor gimana ya pak?
    dan untuk integraXor itu bisa koneksi ke database tidak, yang nantinya ditampilkan di web. mohon bantuannya pak.

  21. Mas, mohon bantuan baru di Siemens, bagaimana menampilkan alarm di TIA Portal yang dinamik menggunakan text list(900 buah alarm) sesuai perubahan 1 buah tag saja (INT) yang dikirim dari PLC sebagai trigger alarm.
    Misal PLC kirim nilai 900 di HMI akan muncul ‘Emergency Stop’, 901 muncul alarm ‘Motor Unbalanced’,dst. Apakah mungkin?
    Thanks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *