Upgrade PLC Omron CQM1

Other PLC, Project Add comments

Project dadakan upgrade mesin dengan PLC Omron CQM1H

Terakhir kali saya pegang PLC Omron yaitu saat kuliah dulu belajar PLC untuk pertama kalinya, yaitu Omron tipe CPM1A dan CPM2A. Untuk ditempat kerja saya yang baru banyak brand PLC yang digunakan, seperti : Festo, Siemens, Panasonic, Omron, Beckhoff, GE, Schneider, Allen Bradley.

Mesin yang saya upgrade yaitu mesin untuk capping, dengan Omron CQM1 sebagai controllernya. Tiba-tiba aja CPU PLC nya rusak sedangkan tipe CQM1 adalah tipe yang obsolete dengan replacement tipe CQM1H. Prolem utamanya tidak ada backup programnya bahkan si empunya programmer dari vendor yang dulu bikin gak punya souce code program. Untungnya masih ada dokumen lama mesin yang berisi functional description (FD), dan mulai ditulis/didevelop ulang programnya dari nol.

Berikut contoh listing program Omron CQM1H dengan software CX-Programmer :

Tipe Omron CQM1H PLC :

Alhamdulillah, bisa kelar plus commissioning dalam 1 hari. Dari problem tersebut beberapa tips untuk maintenance PLC di plant :

– Selalu update wiring dan dokumen dari mesin
– Backup semua source code, jika gak ada ya cukuplah hasil upload-an
– Engineering plant harus memiliki software yang berhubungan dengan vendor PLC/HMI, misal ; Simatic Manager, RSLogix, CXProgrammer, etc
– Akan lebih baik, jika memiliki training kit

Copyright © 2008 toekangscada.com, Powered by Wordpress, WP Theme redesign from Glossyblue
Entries RSS Comments RSS Log in