Power Monitoring System

Sharing dikit tentang project power monitoring system

Karena di plant saya yang baru semuanya menggunakan power meter merk Schneider (PM Type), jadi untuk collect semua data Schneider telah menyiapkan gateway web based server.

Beberapa kelebihan menggunakan gateway tersebut :
– Tidak perlu melakukan programming
– Udah based on web, jadi si client tidak perlu install software lagi (cukup menggunakan Internet Explorer)
– Menggunakan network existing untuk monitor electricity data (sesuai fitur power meter)
– Menampilkan realtime data hanya menggunakan IE
– Fungsi utamanya adalah convert dari modbus RS485 menjadi Ethernet TCP/IP Protocol
– Bisa konek dari 25 sampai 32 power meter untuk setiap gateway
– 256 MB storage data logging

Berikut contoh aplikasinya untuk monitoring dua buah power meter (PM750) :

maksimum jarak dari gateway ke device terjauh adalah 500 meter.

Contoh monitoring data realtime dari power meter (based on web) :

Trending :

Historical Data Logging :

Kelebihan yang paling utama dari sistem ini adalah lowest cost, cukup dengan membeli gatewaynya dan sedikit konfigurasi serta instalasi kabel dari power meter ke gateway, kita udah bisa memonitor semua data di power meter.

Sedangkan kekurangannya adalah :
– Data yang di log paling cepat hanya setiap 5 menit, jadi kalo ada “spike” data tidak akan bisa ke record
– Tidak bisa menampilkan event/alarm
Kekurangan diatas bisa diatasi dengan menambahkan software berbayar punya Schneider Struxuware Power Logic

56 thoughts on “Power Monitoring System”

  1. Saya punya power meter 4 unit PM 810 dan belum di monitor di computer apa aja yang harus saya beli supaya saya bisa monitoring di komputer…thanks

  2. ada dua cara mas :

    1. pake komputer, beli gateway EGX100 kemudian dari EGX100 konek ke PC dengan software develop sendiri atau berbayar

    2. tidak perlu pake komputer, jadi reading dan recording data langsung di EGX300 gateway , dan monitoringnya uda based on web

    jadi tergantung budget bapak juga

  3. mas saya mau tanya saya pakai PM 800 dan mau ditampiling ke komputer, nah saya butuh sofeware apa supaya semua sudah kebaca.

  4. mau nanya ne mas….
    di plant tempat saya bekerja pembacaan di power meter hmi “#BAD”,
    saya curiga pada pm800 yang berada di mimic panel,apakah jika salah satu pm800 yg dimimic panel error akan demikian ?
    mengingat komunikasi juga dari pm-egx-plc -hmi
    terima kasih

  5. mas.. saya ada kerjaan instalasi listrik buat dapur. rencana usernya mau pakai power meter. bisa shared ngga cara instalasi / pasang power meter & dmn belinya powermeter.
    tolong di PM caranya .
    thanks

  6. Pak mau tanya itu PM kalo sudah masuk EGX300, apa perlu disambung lagi ke internet atau di dalam nya sudah ada jaringan internetnya by wireless, trus kita tinggal lihat by Web, begitu pak?

  7. Salam kenal mas, saya mau monitoring menggunakan EGX 100 nah pertanyaanya, mksdnya monitoring based on web itu gimana ya ?

  8. Mas, kalau aplikasi lain yang bisa monitoring power meternya selain yang dari schneider, ada apa tidak ya? Yang schneider, mahal.

  9. mas pungkur,

    sebenernya tergantung berapa banyak data yang mau kita ambil,
    schneider juga ada power meter yang murah 2-4 jt (include CT) dulu saya pernah pake, tapi hanya untuk arus max 63A dan hanya bisa ambil data kwh.

  10. Mas Fathoni,

    Mas mau tanya, apakah pernah monitoring PM 1200 dengan serial to ethernet merk atop type SE5001A? konfigurasi device hampir sama dengan topik pembicaraan diatas, cuma EGX nya di ganti memakai atop type SE5001A.

  11. mas feri,

    belon pernah mas,
    tapi secara prinsip sama saja karena fungsi SE5001A dan EGX100 adalah converter dari RS485 serial (modbus serial) ke modbus TCP.

    hanya bedanya : jika menggunakan EGX100 schneider sudah menyediakan paket software untuk akuisisi data, jika menggunakan SE5001A harus develop custom sendiri software untuk akuisisi data via protokol modbus TCP.

  12. mas fathoni,

    ada tidak ya mas, standart dari port protokol modbus?
    kalau EGX port default nya 502
    kalau atop port default nya 4660

  13. Kalo kita ingin menampilkan dari SEPAM Schneider apakah bisa juga seperti di atas mas?? hanya dengan memakai browser IE, tanpa menggunakan HMI??

  14. mas fathoni saya mau nanya saya ini pake egx 300 sama pm 1200.
    cara meng connect egx ke laptopnya gmana?
    ada settingan khusus ga di laptopnya
    soalnya saya coba dengan menulis alamat egx nya unable to connect terus.

  15. mas saya mau monitoring pm 1200 pake egx 300.tapi pengen bisa di akses pake beberapa komputer.
    itu bisa ga mas?

  16. Gimana caranya mas?
    Terus ini saya ada problem pm 1200 saya ga kebaca di egx nya parameter nya smuanya menunjukan tulisan out of service.itu kenapa yah mas?
    Mas kalo boleh minta kontak nya?

  17. Assalam mas..

    Sy ingin menanyakan sesuatu mas. Dimana, plant saya menggunakan power meter MDM3100 pada switchgear kami. saya mahu data dari switchgear dihantar pada monitor..bagaimana ya…

  18. Assalamu’alaikum
    saya mahasiswa tingkat akhir prodi teknik elektro sedang melakukan penelitian mengenai audit energi menggunakan pm700 pm800 dan egx300.

    yang saya ingin tanyakan, untuk data lognya di pm700 tidak muncul data kVA, kW dan kVAR (semuanya bernilai 0). Sedangkan untuk nilai kWh, kVARh dan kVAhnya nilainya samaaaaa terus tiap interval 30 menit (saya memang setting 30 menit), begitupun nilai THDnya. itu kenapa ya pak? kira-kira solusinya bagaimana?

    terima kasih

  19. Siang mas fathoni,

    Saya wicak mas.. Saya pernah bertanya di blog nya, namun jawabannya msh kurang ngerti. Kalo boleh mas, saya ingin let tlfn atau kl diijinin ketemu walaupun minta waktunya sebentar, saya ingin menanyakan komponen yg diperlukan untuk membuat pm 800 saya bisa realtime di pc bahkan dalam web yg saya buat sendiri. Untuk saat ini PM saya tidak ada modulnya, hanya PM sebagai parameter di panel listrik.

    Mohon pencetahannya mas.
    Oia, mungkin bisa dikonfirmasi mas ini nomer saya 081297337225.

    Terimakasih

  20. selamat pagi mas fathoni.
    saya , mau logging data dari PM810 menggunakan PM8ecc, sudah bisa muncul, tp gimana caranya menampilkan loggingnya per 2 menit misalnya, trims

  21. Selamat pagi mas Fathoni, saya mau logging data dari pm 5350 dan egx300, untuk data report via email bagaimana ? udah coba tapi muncul smtp connection error!

  22. Saya ingin bertanya. Jika saya menggunakan power meter PM820MG sebanyak 2 unit dan ingin di buat monitoring menggunakan rangkaian ethernet.

    1- Apakah model ethernet gateway yang sesuai?
    2- Sambungan dari power meter PM820MG ke power meter PM820MG menggunakan kabel apa? Jarak maximum untuk pengkabelan tersebut?

    Terima kasih

  23. 1. bisa menggunakan EGX100 atau EGX300
    2. menggunakan protokol modbus rtu 485 (dua core kabel + shielded), maksimum jarak dari modbus master ke modbus slave adalah 1200 m, jika lebih dari itu menggunakan repeater

  24. saudara fathoni,

    Ada beberapa soalan lagi :

    1- Berapa jumlah maximum ethernet gateway boleh support untuk power meter PM820MG (slave & master)?

    2- Software monitoring power meter PM820MG terletak di dalam hardware power meter atau di dalam ethernet gateway ?

    3- Jika kita mempunyai banyak power meter dan ethernet gateway, bagaimana untuk membuat monitoring secara centralize? Adakah perlu memasukkan satu persatu ip address ethernet gateway di dalam web browser Internet Explorer?

    Terima kasih atas perkongsian maklumat saudara.

  25. 1. secara teori untuk 1 master bisa support sampai 32 power meter, tetapi in practical sebaiknya jangan lebih dari 20 slave.

    2. untuk EGX300 software monitoring tertetak di dalam hardware gateway, untuk EGX100 software ada di PC , kebanyakan ethernet gateway softwarenya ada di PC Central

    3. di software PC Centralized tersebut sudah managed semua gateway yang terhubung, jadi semua ip address diregister/setting di configurasi PC Server/Central tersebut. Jadi misalnya client ingin monitoring, yang dimasukkan IP adalah IP PC central/server

  26. terima kasih fathoni..sangat membantu

    Di lokasi saya guna beberapa model.Ada yg menggunakan power meter ION7300 series dan dimonitor menggunakan Struxure Power Monitoring Software.

    Jika saya guna gateway EGX100 / EGX300 , adakah gateway itu bisa di monitor menggunakan Struxure Power Monitoring Software?

  27. terima kasih fathoni

    cuma data-data yg dimonitor melalui Struxure Power Monitoring software mungkin tidak sama berdasarkan model power meter ; sebagai contoh power meter ION7300 dan power meter PM820MG (connection menggunakan gatewat EGX100) tidak display info yang sama didalam Struxure Power Monitoring software. Betul ka begitu saudara fathoni?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *